Kamis, 06 Agustus 2015

Infrastruktur Desa Karanggondang


Irigasi
Dalam hal irigasi, Desa Karanggondang memiliki 3 macam saluran irigasi, yaitu saluran primer, saluran sekunder, dan saluran tersier. Selain itu ditambah juga dengan 5 unit pintu penyalur. Saluran tersebut berfungsi untuk menyalurkan air dari sumber mata air menuju lahan pertanian dan perkebunan warga.

Drainase

Desa Karanggondang memiliki sistem drainase yang cukup baik, hal ini terlihat dari komitmen warganya dalam membangun sistem drainase yang baik dan sehat. Hampir seluruh wilayahnya sudah memiliki sistem drainase yang baik.

Polindes (Poliklinik Desa)
 
Dalam bidang kesehatan, prasarana yang ada di Desa Karanggondang meliputi Polindes dan bidan desa. Polindes selalu mengadakan Posyandu secara rutin bagi balita maupun lansia.
  
 Gedung PKK

Desa Karanggondang memiliki gedung PKK yang berfungsi sebagai tempat untuk mewadahi kegiatan ibu-ibu di Desa Karanggondang.

Jalan Utama
 

Dalam rangka menunjang kegiatan masyarakatnya, di Desa Karanggondang telah dibangun jalan yang menghubungkan antar wilayahnya dengan total panjangnya kurang lebih 24 km. Ada 3 jenis jalan yang ada di Desa Karanggondang, yaitu jalan aspal, jalan makadam, dan jalan tanah.
Pos Keamanan Lingkungan (POSKAMLING)
 
Hampir d setiap dusun bahkan RT di Desa Karanggondang memiliki Poskamling yang berfungsi untuk menjaga keamanan lingkungan.

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PANSIMAS)
 
Dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih untuk warganya, Desa Karanggondang telah membangun beberapa prasarana, diantaranya sumur gali, sumur pompa, hidran umum, MCK, dan sumber mata air yang ada di beberapa titik. Warga masyarakat Desa Karanggondang tidak pernah kekurangan air bersih sekalipun pada saat musim kemarau, apalagi setelah dibangunnya Pansimas dan sumur bor.

Balai Desa

 

Dalam bidang pemerintahan, Desa Karanggondang memiliki kantor kepala desa sebagai pusat kegiatan pemerintahan dan administrasi.


Sekolah Dasar Negeri Karanggondang 
 
Dalam bidang pendidikan, Desa Karanggondang memiliki prasarana berupa PAUD, TK, SD, dan TPA. Dimana masing-masing berjumlah 1 buah kecuali TPA yang berjumlah 3 buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Desa Karanggondang Pabelan - Semarang
KKN UNDIP TIM II 2015